Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Duh, Virus Corona ‘Pukul’ Pasar Otomotif Indonesia

Pameran otomotif GIIAS 2018.
Sumber :

100kpj – Masuknya COVID-19 atau virus corona ke Indonesia, membuat banyak pihak panik. Selain masyarakat perseorangan, industri otomotif juga terguncang lantaran penjualan kendaraan menjadi lebih lesu dibandingkan sebelumnya.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Yohannes Nangoi mengaku, awalnya pihaknya yakin pergerakkan pasar roda empat di Tanah Air membaik pada tahun 2020. Namun, masuknya corona ke Tahan Air membuat konstelasi berubah, dan hal itu cukup membuatnya khawatir.

“Terus terang, tahun ini saya berharap penjualan mobil bisa kembali pulih. Tahun lalu (industri otomotif) terpukul karena agenda politik yang cukup berat, jadi penjualan menurun. Harusnya 2020 sudah pulih, tapi sialnya ada banjir, kemudian ada pukulan lagi dari COVID-19, dan itu sangat berpengaruh,” ujarnya di kawasan Jakarta Pusat, Kamis 5 Maret 2020.

virus corona

Selain itu, Nangoi menilai, turunnya minat turis berkunjung ke Indonesia juga menjadi alasan, mengapa penjualan kendaraan roda empat mengalami kemerosotan. Sebab, penyedia jasa travel tak menerima banyak permintaan, sehingga pendapatan mereka lesu dan memilih tak menambah moda angkut baru.

“Misalnya di Bali. (Kedatangan) turis yang menurun membuat travel agent jadi tak beli bus sebanyak biasanya. Jadi yang namanya industri kendaraan, pasti terdampak,” terangnya.

Baca juga: Virus Corona Sampai di Indonesia, Pameran Otomotif Tetap Berlangsung

Berita Terkait
hitlog-analytic