Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kuras Kas Negara Hingga Rp15 Triliun, Prabowo Jadi Beli Sukhoi SU-35

Prabowo Subianto
Sumber :

100kpj – Pada dua tahun silam, Indonesia menandatangani nota kesepakatan yang disodorkan Rusia terkait pembelian jet tempur Sukhoi SU-35 yang jumlahnya mencapai 11 unit. Namun sayang, ada beberapa hal yang membuat proses distribusinya terhambat. Mulai dari perkara imbal dagang, sampai ancaman yang dilayangkan Amerika Serikat.

Setelah lama menunggu kepastian, Indonesia melalui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sempat menyatakan minatnya memboyong jet tempur lain bernama Rafale Dassault. Akan tetapi, beberapa media luar menyebut pesawat buatan Perancis itu merupakan produk ‘gagal’ yang tak begitu laku di pasaran.

Baca juga: Duh, Jet Rafale Incaran Menhan Prabowo Ternyata Pesawat Abal-abal?

Prabowo pun kembali memalingkan perhatiannya ke Sukhoi SU-35. Kepastian itu diterima setelah Ketua Umum Partai Gerindra itu bertemu Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoygu di Moskow, pekan lalu.

Prabowo Subianto

Kabarnya, salah satu poin penting dalam pembicaraan tersebut ialah rencana Prabowo membeli 11 unit jet tempur Sukhoi Su-35 senilai US$1,14 miliar atau setara Rp15,57 triliun. Setidaknya, hal itu yang disampaikan Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriyadi di hadapan para pewarta dari berbagai media.

"Ya tadi disinggung juga (soal pembelian Sukhoi), itu tinggal tunggu proses saja," ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic