Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Getaran, Ternyata Ini yang Sebabkan Kita Mabuk saat di Mobil

Mual di mobil.
Sumber :

100kpj – Pergi ke luar rumah menggunakan mobil memang nyaman, karena bisa terhindar dari sinar matahari dan guyuran air hujan. Namun, tak semua orang bisa berlama-lama di dalamnya. Salah satu penyebabnya, ialah merasa mabuk ataupun mual.

Dalam dunia medis, kecenderungan mual atau mabuk perjalanan bisa ditangkal menggunakan pil yang mengandung zat dimenhidrinat. Pil tersebut banyak dijual di apotek maupun warung terdekat. Kendati demikian, mengonsumsinya secara rutin sangat tak disarankan.

mobil

Dilansir dari Medical News Today, Kamis 30 Januari 2020, mabuk perjalanan sering juga dikenal sebagai motion sickness. Menariknya, menurut penelitian yang dilakukan pakar kedokteran asal Orlando, Amerika Serikat, Hilary Hawkins, penyebab utama motion sickness bukan berasal dari guncangan kendaraan, melainkan ada hal lain yang lebih dominan.

Baca juga: Mengenal Microsleep, Kondisi Tidur Tiba-tiba Saat Berkendara

“Gejala tersebut muncul setelah adanya gangguan pada input sensori yang diterima otak karena mengira tubuh berada dalam kondisi diam dan bergerak pada waktu bersamaan. Dan itulah yang terjadi ketika kita berada di dalam mobil,” ujar Hawkins.

"Kita baik-baik saja saat berjalan, tapi kita bisa mengalami pusing saat tubuh berada dalam posisi diam namun sesuatu menghasilkan gerakan. Pusat keseimbangan di telinga bagian dalam menganggap hal yang berbeda dari realitasnya," sambungnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic