Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengenal Microsleep, Kondisi Tidur Tiba-tiba Saat Berkendara

Ilustrasi Mengantuk di Mobil
Sumber :

100kpj – Sewaktu mengendarai sepeda motor atau mengemudikan mobil, seseorang pasti pernah merasakan kantuk berat yang muncul tiba-tiba. Biasanya, gejala itu hanya berlangsung dalam hituangan detik, sebelum akhirnya kembali ke kondisi semula, alias terjaga.

Laman Healthline, seperti dikutip Rabu 21 Agustus 2019, menyebut bahwa microsleep merupakan satu keadaan di mana otak manusia istirahat dalam waktu singkat. Hal itu disebabkan dari kurangnya aktivitas otak bagian thalamus yang berperan mengatur mekanisme tidur.

Biasanya, hal itu terjadi ketika seseorang berada dalam kondisi kelelahan. Sehingga, kontrol rasa kantuk di otak tidak bekerja optimal.

Microsleep akan sangat berbahaya, ketika menyerang pengendara yang memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. Sebab, apabila kesadaran hilang satu detik saja, maka kendaraan yang melaju kencang itu seketika lepas kendali, dan berpotensi akibatkan celaka.

“Biasanya, tanda-tanda awal terjadinya microsleep adalah mata yang menyayu, gerakan kepala yang menghentak ke bawah, tatapan kosong, dan melupakan apa yang baru saja terjadi satu menit lalu,” tulis Healthline.

Berita Terkait
hitlog-analytic