Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sering Remehkan RI, Malaysia Cuma Punya Jet Tempur Kualitas Rendah

Jet JF-17
Sumber :

100kpj – Meski bertetangga, hubungan militer Indonesia dan Malaysia tidak terlalu akur. Jika ingin menilik sedikit ke belakang, kapal maritim Malaysia kerap melanggar garis perbatasan dan masuk ke wilayah perairan Indonesia.

Sayangnya, hal itu tak hanya terjadi satu-dua kali, melainkan berulang-ulang seperti menantang. Bahkan, mereka terkesan meremehkan angkatan laut Indonesia dengan sengaja bermain kucing-kucingan setiap kali berusaha ingin dihalau.

Bukan hanya di laut, di matra udara, Malaysia juga sering bermain-main dengan angkatan bersenjata Indonesia. Dilansir dari VIVA, Pasukan angkasa Negeri Melayu itu kerap melanggar garis perbatasan dan beberapa kali terdeteksi radar. Saat dimintai keterangan, mereka mengaku perbatasan udara Indonesia dan Malaysia masih sangat abu-abu.

Berita terkait: Malaysia Sering Melanggar Batas RI - VIVA.co.id

Malah terbaru, Menteri Pertahanan Malaysia, Mohamad Sabu, sempat berkata bahwa pesawat CN 235 milik Indonesia melaju sangat lambat. Kendati hal itu disampaikan dengan gelak tawa, namun ia sempat menjabarkan perbandingan waktu seandainya dirinya menggunakan pesawat terbang lain. Tentu hal itu terkesan meremehkan.

Pesawat CN-235

Padahal Globalfirepower menuliskan, bahwa kekuatan militer Malaysia masih berada jauh di bawah Indonesia. Diukur melalui sumber daya manusia dan persediaan alat perang, Malaysia hanya menempati posisi ke-41, sedang Indonesia di urutan ke-16.

Berita Terkait
hitlog-analytic