Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Intip Daftar Harga Mobil Baru Zaman Dulu, Ada yang Cuma Rp3 Jutaan

Iklan Mobil Zaman Dulu
Sumber :

100kpj – Mobil memiliki sejarah panjang di pentas otomotif Tanah Air. Sejak puluhan tahun lalu, keberadaannya selalu kita jumpai di berbagai titik jalan. Bahkan, kini jumlah kendaraan roda empat yang beredar di Indonesia mencapai puluhan juta unit.

Dalam perkembangannya, harga mobil di dalam negeri terus meningkat dari tahun ke tahun. Berbagai hal menjadi penyebab, mulai dari inflasi ekonomi sampai pemutakhiran produk yang membuat nilai jualnya kian melejit.

Baca juga: Mengintip Brosur Motor Zaman Dulu, Paling Mahal Rp260 Ribuan

Menariknya, di pertengahan tahun 1980-an, ketika jumlah mobil di Indonesia masih sedikit dan hanya kalangan tertentu saja yang memilikinya, harga kendaraan tersebut pernah sangat murah. Malah, yang termahal hanya Rp24 juta, sedang yang termurah berkisar Rp3,4 jutaan.

Harga mobil baru zaman dulu

Hal itu terungkap dari potongan surat kabar lama berjudul "Harga Mobil Tetap Stabil". Melihat brosur tua tersebut, tentu membuat pencinta roda empat di era sekarang mengalami keterkejutan hebat. Sebab, jika bercermin pada nilai rupiah saat ini, pembeli bisa membawa pulang mobil kapan saja.

Di masa itu, merek mobil terlaris di Indonesia ialah Honda. Pabrikan asal Jepang tersebut membanderol sedan hatchback andalannya, Civic, di harga Rp13,5 juta. Sedang Accord yang kini bernilai Rp650 jutaan, kala itu hanya dilepas ke konsumen di angka Rp21,3 juta.

Berita Terkait
hitlog-analytic