Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Suzuki XL7 Siap Dijual di Indonesia, Seberapa Layak Mobil Ini Dilirik?

Suzuki XL7.
Sumber :
Ist

100kpj – Awal tahun 2020 akan dimanfaatkan Suzuki Indonesia untuk merilis mobil barunya. Menurut rencana, mobil yang akan meluncur itu adalah Suzuki XL7.

Walau belum meluncur, tetapi wujud dari Suzuki XL7 sudah marak beredar di jagat maya. XL7 sendiri merupakan unit hasil pengembangan dari Ertiga. Di India, mobil ini sudah dirilis, namun dengan nama XL6 pada 21 Agustus 2019 lalu.

Sejumlah perbedaan memang nampak kentara, mulai dari ground clereance yang lebih tinggi, hingga wajah dan buritan yang lebih rupawan.

Head of 4W Brand Development & Marketing Research SIS, Harold Donnel mengakui, pihaknya sedang melakukan persiapan untuk meluncurkan mobil XL7 untuk konsumen Suzuki di Tanah Air.

Interior Suzuki XL7


"Semua masih persiapan internal ya. Semoga bisa meluncur di waktu yang tepat ya. Didoakan saja, supaya sedikit lagi (meluncur)," ujarnya dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu 22 januari 2020.

Soal harga, kami mendapat bocoran dari salah seorang tenaga penjual Suzuki. Wiraniaga itu mengatakan kalau keran pemesanan Suzuki XL7 sudah dibuka. Dimana konsumen bisa melakukan booking dengan dana Rp5 juta.

Eksterior Suzuki XL7 di Indonesia


"Sudah bisa booking, jadi nanti unitnya bisa cepat dikirim. Untuk harga resminya belum keluar, tapi perkiraan Rp230 juta sampai Rp270, lebih mahal dari Ertiga, tapi lebih murah dari S-Cross," ujarnya.

Spek Lengkap

XL7 diperkirakan bakal memiliki panjang 4.445 milimeter, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.700 mm. Secara dimensi memang lebih panjang 50 mm, lebih lebar 40 mm dan lebih tinggi 10 mm dari Ertiga. Jarak sumbu rodanya masih sama, yakni 2.740 mm.

Pada desain eksterior, XL7 memiliki bentuk yang sangat gagah seperti Vitara baru, jarak pijak ke tanah atau ground clearance-nya lebih tinggi dari Ertiga. Di dalam kabin, perbedaan paling kentara konfigurasi tempat duduknya.

Daya tampung, sesui namanya, yakni tujuh penumpang seperti Ertiga saat ini. Ukuran pelek juga sama dengan Ertiga, yakni 15 inci dibalut ban 185/65.

Eksterior Suzuki XL7 di Indonesia


Yang dibedakan desain dan warnanya saja. Sitem pengereman Ertiga depan disk brake belakang tromol, begitu pun XL7, namun secara fitur lebih kaya karena sudah dilengkapi ABS (anti-lock brake system), EBD (electronic brake-force distribution).

Selain itu ada fitur yang mencegah mobil tergelincir, ESP (electronic stability program), menjaga mobil agar tidak mundur saat melintasi tanjakan, yaitu HSA (hill start assist). Sitem hiburannya sudah layar sentuh tujuh inci terintegrasi dengan smartphone.

Soal mesin, sama dengan Ertiga berkapasitas 1.500cc empat silinder, yang dapat menghasilkan tenaga 104,7 daya kuda di 6.000 rpm dan torsi 138 Newton meter di 4.400 rpm. Namun di Negeri Bollywood, mobil ini ditanamkan teknologi mild-hybrid.

Pius Yosep Mali
Berita Terkait
hitlog-analytic