Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Suzuki ‘Ngebut’ Salip Mitsubishi dari Daftar Merek Mobil Terlaris di RI

Suzuki XL7 Hybrid
Sumber :

100kpj – Suzuki berhasil menyalip Mitsubishi dari daftar merek mobil terlaris di Indonesia pada tahun lalu, baik dari sisi wholesales atau pendistribusian unit pabrik ke diler, dan penjualan diler ke konsumen alias retail.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil Suzuki sepanjang 2023 berhasil terjual ke konsumen sebanyak 82.244 unit dengan mengantongi pangsa pasar 8,2 persen.

Suzuki XL7 Hybrid mulai diekspor ke luar negeri

Hasil tersebut menjadikan Suzuki berada di urutan ke-4 dari daftar merek mobil terlaris di Indonesia, artinya melangkahi Mitsubishi Motors yang hanya mencatatkan penjualan 81.792 unit dari diler ke konsumen.

Sebelumnya, pada 2022 Mitsubishi masih lebih unggul dengan penjualan 97.936 unit menduduki peringkat ke-4 merek terlaris dengan market share 9,7 persen, sedangkan Suzuki diurutan ke-5 penjualannya 89.067 unit.

Namun kondisi tersebut berubah di tahun lalu, penjualan mobil Suzuki melonjak cukup tinggi menjelang akhir tahun lalu dari November hanya 6.471 unit menjadi 8.121 unit memasuki Desember. 

“Akhir tahun 2023 lalu, Suzuki berhasil meraih peningkatan penjualan ritel hingga 25 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” ujar Assistant to Departmen Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales, Randy R. Murdoko dikutip dari keterangannya, Jumat 19 Januari 2024.

Berita Terkait
hitlog-analytic