Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hyundai Stargazer X vs Mitsubishi Xpander Cross Siapa Lebih Laku

Hyundai Stargazer X
Sumber :

100kpj – Segmen Low SUV (Sport Utility Vehicle) yang cukup menjanjikan membuat sejumlan brand tertarik untuk terjun di kolam yang sama. Untuk pendatang baru ada Hyundai Stargazer X, dan Mitsubishi Xpander Cross.

Hyundai Stargazer X merupakan pendatang baru di segmen tersebut, resmi dirilis pada Agustus 2023. Dikembangkan dari Stargazer versi MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan sejumlah aksesori tambahan.

Mitsubishi Xpander Cross baru

Cara itu dilakukan lebih dulu oleh Mitsubishi Motors pada 2019, dengan memanfaatkan Xpander menjadi Xpander Cross. Mobil multifungsi 7-penumpang itu dibuat jangkung dengan sentuhan kosmetik.

Low SUV Mitsubishi itu dianggap pesaing paling dekat Stargazer X, karena berbeda dengan cara Suzuki ubah Ertiga menjadi XL7, atau Toyota dan Daihatsu merombak Avanza-Xenia lawas menjadi Rush-Terios.

Berkaca dari peta persaingan tersebut, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, penjualan pabrik ke diler Xpander Cross sebanyak 18.104 unit pada Januari-Desember 2023.

Sedangkan Hyundai Stargazer X yang mulai didistribusikan ke diler mulai Juli-Desember hanya 2.850 unit. Dalam periode serupa Xpander Cross masih tetap lebih laku selama 6 bulan penjualan wholesalesnya 7.585 unit.

Berita Terkait
hitlog-analytic