Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tesla Tantang Hacker Bobol Sistem Keamanan Mobil Listrik Model 3

Tesla Model 3
Sumber :

100kpj –  Perusahaan mobil listrik ternama, Tesla, menantang para peretas atau hacker untuk membobol sistem keamanan pada mobil Tesla Model 3. Kompetisi itu bernama "Pwn20wn" dan akan berlangsung di Vancouver pada Maret 2020.

Sebagaimana yang dilansir dari Electrek, pabrikan asal Amerika Serikat sudah menyiapkan hadiah yang istimewa bagi yang peretas yang bisa membobol. Hadiah itu adalah 1 unit Tesla Model 3 dan uang tunai sebesar 1 juta dolar Amerika.

Baca Juga:
Kisah Mistis 5 Mobil yang Menyeramkan dan Penuh Kutukan

Tesla Model 3


Hadiah uang tersebut bakal dibagi dalam beberapa kategori hacking, dan jumlahnya bakal kian besar di bagian tersebut. Jadi setidaknya ada hadiah sebesar 250 ribu dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 3,5 miliar untuk serangan di tiga bagian paling aman dari mobil tersebut.

Bagian pertama adalah Gateaway, di mana berfungsi  sebagai pintu pusat yang memproses data yang berasal dari fungsi sasis, powertrain, dan komponen penting lain di mobil. Kemudian ada Autopilot di bagian kedua.

Di bagian tersebut, fungsinya adalah asisten pengemudi dan memberikan bantuan kepada si pengemudi bila berpindah jalur di jalan raya, dan parkir. Serta fungsi keamanan mengemudi lain seperti mengingatkan ketika pengemudi mengantuk.

Sedangkan di bagian ketiga atau yang terakhir dan memiliki hadiah paling besar, yakni Vehicle Controller Secondary (VCSEC). Di mana, fungsinya adalah keamanan seperti alarm.

Interior Tesla Model 3


Mengapa jadi yang terbesar hadiahnya, karena fungsinya yang tak kalah penting dari bagian lain. Sebab, serangan di bagian VCSEC akan menyebabkan kecelakaan fatal atau hal lain yang bisa membahayakan pengemudinya.

Untuk meraih hadiahnya, si peretas harus bisa memaksa ketiga bagian itu untuk berkomunikasi dengan sumber pengendali di luar mobil atau program lain. Alhasil, si peretas bisa mendapatkan kendali penuh atas fungsi dari bagian mobil tadi.

Tantangan ini juga sebagai alat bagi Tesla untuk melihat celah mana saja yang masih bisa dilewati pada mobil keluarannya. Sebab, Tesla memang benar-benar memberikan perhatian khusus pada sistem keamanan.

Baca Juga:

Bikin Geger, Wanita Berhijab Tanpa Helm Sliding Motor di Jalan Raya

Usai Viral, Wanita Motoran Bergaya Superman Serahkan Diri ke Polisi

Berita Terkait
hitlog-analytic