Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pernah Ketemu Elon Musk, Luhut Bantah Baterai Tesla di China Tidak 100 Persen LFP

Luhut Binsar Pandjaitan bersama Elon Musk
Sumber :

100kpj – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bantah pernyataan Mantan Menteri Perdagangan Tom Lembong terkait mobil listrik Tesla tidak lagi menggunakan nikel pada baterainya.

Di China sebagaian besar mobil listrik mengandalkan LFP (Lithium Ferrophosphate) menggabungkan bahan litium dengan besi sebagai material katoda, dan grafit elektroda karbon dengan lapisan logam sebagai anoda. 

Tesla Model Y meluncur di Malaysia

Bahkan beberapa model Tesla yang diproduksi di Tiongkok sudah menggunakan bahan baku tersebut, namun menurut Luhut tidak sepenuhnya mobil listrik Elon Musk itu mengandalkan besi, tapi ada kandungan nikelnya.

“Terkait LFP tidak benar yang disebutkan itu kalau pabrik Tesla di Shanghai menggunakan 100 persen LFP untuk mobil listriknya. Mereka masih menggunakan baterai berbahan dasar nikel yag disuplai oleh LG,” ujar Luhut dikutip dari Instagram pribadinya, Kamis 25 Januari 2024.

LG Energy Solution yang bermarkas di Korea Selatan adalah perusahaan teknologi yang disebut Luhut menjadi penyuplai nikel untuk baterai mobil listrik Tesla di negeri tirai bambu tersebut.

Dalam debat Cawapres, Minggu 21 Januari 2024 lalu, Gibran menanyakan kepada Cak Imin soal LFP yang sering digaungkan Timses Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yakni Tom Lembong.

Berita Terkait
hitlog-analytic