Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tekan Polusi Udara, Mobil Tua Resmi Dilarang Melintas di Jalan

Aston Martin DB5
Sumber :

100kpj – Sebagai upaya mengurangi polusi udara, pemerintah Barcelona akhirnya mengeluarkan aturan baru. Mulai awal 2020 ini, mobil-mobil tua dilarang untuk melintas di beberapa wilayah Barcelona.

Sebagimana dilansir dari RTE, aturan ini untuk mobil dengan bahan bakar bensir yang didaftarkan sebelum tahun 2000 dan mobil dengan bahan bakar diesel sebelum tahun 2006.  Mobil dengan kriteria itu tak bisa lewat zona emisi rendah.

Di mana, seluas 37 mil persegi (95,8 km persegi) dari total luas area 63 mil persegi (102 km persegi).  Aturan ini bakal berlaku pada setiap hari kerja, mulai pukul 7 pagi hingga 8 malam waktu setempat.

Apabila melanggar aturan ini, maka pemerintah Barcelona akan melakukan tindangan tegas dengan pemberian denda. Pelanggar bisa kena denda sebesar 100 hingga 150 euro, atau setara Rp1,5 jutaan sampai Rp2,3 jutaan.

mobil tua


Namun, denda tersebut masih belum akan diberlakukan untuk saat ini, hingga 3 bulan ke depan sebagai waktu sosialisasi. Aturan baru ini diperkirakan akan memengaruhi sekitar 50.000 kendaraan per hari dan menyebabkan pengurangan 15% emisi nitrogen dioksida, gas beracun di knalpot mobil.

Barcelona sejak 2002 melampaui tingkat karbondioksida di udara yang ditetapkan oleh Uni Eropa, menurut laporan 2017 oleh departemen kesehatan masyarakat kota. Kualitas udara kota yang buruk menyebabkan rata-rata tahunan 424 kematian dini antara 2010 dan 2017.

Pengawasan Ketat

Usai sosialisasi selama tiga bulan, pemerintah Barcelona meminta para pemilik mobil tua untuh mematuhi peraturan ini. Nanti, juga bakal dipasang 150 kamera untuk memantaunya.

Sedangkan orang bisa membuktikan hanya memiliki penghasilan di bawah 8000 euro selama setahun, bakal dapat masa tenggang 12 bulan. Untuk pemilik mobil yang teradaftar di negara Eropa Barat, bisa mengajukan izin ke balai kota.

Dengan aturan ini juga diprediksi ada 50.000 unit kendaraan bakal kena imbas setiap harinya. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat mulai tahun depan, saat truk, van, dan bus tua dilarang melewati zona rendah emisi.

Baca Juga:
Viral Emak-emak dengan Santainya Parkir di Tengah Jalan

Harga Matik 110-125cc Honda dan Yamaha Naik, Suzuki Termurah

Jika Didepak Yamaha, Rossi Tak Masalah Hijrah ke Tim Satelit

Berita Terkait
hitlog-analytic