Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Agar Tak Mogok Lagi, Bagaimana Perawatan Mobil Dinas Baru Jokowi?

Jokowi di dalam Mobil.
Sumber :

100kpj – Mobil dinas Presiden Joko Widodo akan segera tiba di Indonesia pada akhir Desember 2019. Mobil buatan Jerman tersebut sedang masuk tahap finalisasi oleh produsen otomotif Mercedes-Benz.

Jokowi nantinya bakal menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard dengan spesifikasi khusus. Menggantikan mobil yang dipakainya saat ini, dan sering mogok, yang mana merupakan bekas Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudohoyono.

Mobil Barunya Jokowi Akhir Bulan Ini Sampai di Indonesia


Jika mobil tersebut sudah dipakai, kata Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara, Piping Supriatna, semua pengaturan jadwal pemakaian sampai perawatan berkalanya akan dilakukan oleh Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden).

"Nanti semua pemeliharannya, termasuk servis dan lain-lainnya akan diatur oleh Paspampres," ujarnya, seperti dilansir dari VIVA.

Bicara soal perawatan mobil, Deputy Director Sales Operation and Porduct Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Karyanto Hardjosoemarto mengatakan tak ada yang khusus. SSama dengan kendaraan premium lainnya, yakni dilakukan secara berkala.

"Dalam hal perawatan tentu sama dengan kendaran lain, namun timnya memang yang dilatih khusus, tetap dari diler dan memang sudah tersertifikasi," ujarnya

Tim teknis dari Mercedes-Benz, kata Kary, nantinya akan berkordinasi dengan pihak Setneg dan Paspampres, terkait perawatan secara berkala untuk mobil mewah anti peluru tersebut.

Sayangnya, Kary enggan menjelaskan lebih detail proses perawatan serta lokasinya. Hal ini, kata Dia, terkait dengan status mobil tersebut yang merupakan aset negara.

"Untuk alasan keamanan, kami memang tidak bisa memberikan informasi bagiamana pola perawatan, atau di mana dan sebagainya. Mohon maaf," ucapnya.

Mercedes-Benz S600 Pullman Maybach Guard


Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian.

Sebab mobil yang ada saat ini merupakan warisan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan tahun pembuatan 2008 dan 2009. Mobil tersebut bahkan dikabarkan sudah sering rusak hingga mogok.

Mercedes-Maybach S600 Guard mengusung mesin V12 berkubikasi 6000cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 530 tk dengan torsi 830 Nm. Kecepatan maksimal mampu mencapai 160 kpj.

Namun kecepatan ini masih dibatasi secara elektronik. Sisi kenyamanan didukung suspensi udara AIRMATIC, Anti Slip Regulation (ASR) serta Electronic Stability Program (ESP).

Sebagai perlindungan ekstra, tersedia ban run-flat atau yang tetap bisa dipakai meski kempis hingga jarak sejauh 30,5 km.
Berita Terkait
hitlog-analytic