Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengapa Mobil Amerika Sulit Bersaing di Indonesia

Ilustrasi mobil Chevrolet
Sumber :

100kpj – Beberapa waktu lalu, General Motors atau GM sebagai induk perusahaan Chevrolet di Tanah Air mengumumkan akan angkat kaki dari pasar Indonesia pada Maret 2020 mendatang. Keputusan itu terpaksa diambil, lantaran penjualan produk mereka tidak kunjung membaik.

Sebelum Chevrolet, jenama asal Amerika Serikat lain yang lebih dulu cabut dari Indonesia ialah Ford. Sama seperti Chevrolet, Ford hengkang dari Tanah Air lantaran kalah bersaing dengan pabrikan asal Jepang. Masuk ke pasar dalam negeri pada 2002, produsen asal Detroit itu harus mencabut kuku bisnisnya pada 2016 silam.

Ilustrasi mobil Chevrolet

Mundur jauh ke belakang, pabrikan AS yang sempat tenar di akhir 90-an, Chrysler juga tak mampu menghadapi ketatnya persaingan di Tanah Air. Tak diketahui pasti kapan merek tersebut hengkang, namun kuat dugaan Chrysler mengalami kebangkrutan pada 2009 lalu.

Satu-satunya merek mobil asal Amerika yang masih bertahan di Indonesia adalah Jeep. Mobil legendaris yang berada di bawah naungan Hascar Group tersebut, harus susah payah memenangkan persaingan di pasar yang terbilang segmented.

Lantas, mengapa merek mobil asal Amerika Serikat yang cukup populer di negara asalnya tampak kesulitan bersaing di Indonesia? Padahal, secara tampilan dan spesifikasi mesin, mobil lansiran negeri Paman Sam itu boleh dikatakan baik dan layak dilirik.

Berita Terkait
hitlog-analytic