Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pengemudi Pria Lebih Sering Kehilangan Fokus Dibanding Wanita, Kenapa?

Ilustrasi Menyetir Mobil Sambil Main Ponsel
Sumber :

100kpj – Sewaktu mengemudikan mobil, pengemudi dituntut tetap fokus terhadap kondisi jalan. Sebab, apabila lengah sedetik saja, kendaraan bisa meluncur ke arah lain dan berpotensi timbulkan celaka.

Selain lengah, ada alasan lain yang bisa membahayakan pengemudi selama berada di jalan. Salah satunya distraksi atau gangguan yang berasal dari obyek lain. Menariknya, hal tersebut lebih sering terjadi pada seorang pria dibandingkan wanita.

Melansir laman Carscoops, seperti dikutip Rabu 2 Oktober 2019, sebuah lembaga penelitian bernama Smith’s Lawyers melakukan penelitian terkait hal tersebut. Mereka melibatkan 2.214 pengendara mobil di Amerika Serikat dengan rentang usia 18 hingga 65 tahun. 70 persen dari pengemudi mengatakan bahwa mereka melakukan aktivitas lain saat sedang berkendara.

Hasil survey juga membuktikan, pengendara pria lebih rentan terdistraksi untuk melakukan kegiatan lain saat mengemudi. Dibanding wanita, pengendara pria 22 persen lebih sering menggunakan smartphone dan 70 persen lebih banyak menonton video sambil berkendara. Selain itu, pria juga 26 persen lebih sering terdistraksi untuk melihat ke arah pejalan kaki.

Dari perbedaan sumber distraksi tersebut, ada satu hal yang sama-sama sering membuat pria dan wanita kehilangan fokus selama berada di dalam mobil, yakni makan dan minum sambil mengemudi. Berdasarkan penelitian, 58,9 persen pria dan 58,2 persen wanita sama-sama melakukan aktivitas tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic