Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sebelum Ada SPBU, Orang Beli Bensin di Apotek

Pom Bensin Tua
Sumber :

100kpj – Bensin merupakan bahan bakar yang paling banyak digunakan kendaraan. Saat ini, untuk mendapatkannya, sang pemilik hanya perlu datang ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU yang telah tersebar di banyak titik lokasi.

Kenyataan masa kini, berbeda dengan zaman dahulu. Kala itu, ketika kendaraan darat—utamanya mobil, baru ditemukan, belum ada SPBU yang berdiri. Dipercaya, satu-satunya tempat yang menjual bensin, hanyalah apotek atau toko obat-obatan.

Singkat cerita, pada Agustus 1888, Bertha Benz, istri seorang ilmuwan dan pebisnis asal Jerman, Karl Benz, mengemudikan mobil pertama yang dibuat sang suami. Ia mengemudikan mobil tersebut bersama dua anaknya dari Mannheim ke Pforzheim. Dilansir Maqnify, Senin 16 September 2019, perjalanan itu tercatat sebagai perjalanan jarak jauh pertama menggunakan moda darat.

Saat itu mobil yang dikemudikan Bertha Benz belum memiliki tangki bahan bakar, melainkan langsung masuk ke karburator. Bahan bakarnya menggunakan senyawa kimia bernama Ligroin.

Di tengah perjalanan, tepatnya di Kota Wiesloch, Jerman, mobilnya mendadak mati. Sempat diduga rusak, namun nyatanya tidak. Bahan bakarnya habis, dan ia tak membawa Ligroin cadangan di kendaraannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic