Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Fakta Ini Bikin Kamu Resah Masuk Kabin Mobil

Ilustrasi teriak di mobil
Sumber :

100kpj – Kabin merupakan ruang utama di mobil yang memuat pengemudi serta penumpang lainnya. Biasanya, di ruangan tersebut, semua bagian selalu diupayakan bersih dengan melakukan berbagai perawatan rutin. Namun demikian, bakteri yang tersebar dan berserak di dalamnya, tetap sulit dihilangkan.

Melansir laman Carrentals, seperti dikutip Selasa, 3 September 2019, lembaga penelitian asal Amerika Serikat, National Center for Biotechnology (NCB) menemukan fakta baru terkait jumlah rata-rata atau Colony-forming Unit (CFU) bakteri yang hidup di dalam kabin.

Ilustrasi Kabin Mobil Kotor

Dari penelitian itu, ditemukan fakta unik bahwa ruangan tersebut rupanya jauh lebih kotor dari toilet umum yang terletak di stasiun, terminal, bandara, maupun tempat ramai lainnya. NCB menyebut kabin mobil menyimpan 629 CFU, sedang toilet umum hanya 172 CFU saja.

Buruknya lagi, bagian yang paling sering disentuh pengemudi, yakni lingkar setir, merupakan komponen dengan jumlah bakteri terbanyak di ruang kabin. Bahkan, dibandingkan dengan dudukan kloset, benda tersebut empat kali lebih banyak menyimpan bakteri.

Ilustrasi setir mobil.

Bakteri yang ditemukan di setir mobil adalah Staphylococcus, yang merupakan penyebab penyakit seperti keracunan makanan, infeksi kulit, dan juga Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus atau MRSA.

Berita Terkait
hitlog-analytic