Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Menetralkan Suhu Kabin Mobil dengan Cepat saat Cuaca Panas

Test drive Suzuki XL7 Hybrid
Sumber :

100kpj – Belakangan suhu cuaca di Jakarta dan sekitarnya cukup panas, tentunya ini mengurangi kenyamanan ketika melakukan perjalanan menggunakan mobil. Ada beberapa langkah agar suhu kabin dapat turun.

Guna menjaga kenyamanan tersebut dengan lebih cepat, Suzuki Indonesia berikan empat tips mudah yang bisa dilakukan oleh para pemilik mobil. Terlebih ketika mobil sudah diparkir cukup lama di luar ruangan.

“Pemilik kendaraan mungkin menyadari bahwa setelah mobil terparkir, suhu dalam kabin sering kali dirasa lebih panas dibandingkan suhu udara luar ruangan. Hal ini disebabkan suhu panas yang diserap oleh kendaraan dan terperangkap di ruang kedap (kabin) bisa menghasilkan suhu hingga 30 derajat lebih tinggi dari suhu luar ruangan. Situasi ini tentu mengganggu kenyamanan pemilik kendaraan ketika hendak berkendara,” ujar Hariadi, Asst. to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS).

Menurut Hariadi, jika mobil terpaksa harus parkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung, maka pemilik mobil dapat melakukan beberapa hal agar hawa panas yang ada di dalam kabin segera netral kembali.

Cara ini bisa dilakukan dengan mudah, seperti berikut:

1. Menyalakan Mesin Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menyalakan mesin mobil. Pertama, pastikan transmisi mobil dalam posisi parkir atau netral. Kedua, pastikan AC dalam posisi tidak aktif, sehingga mesin diberikan waktu untuk bekerja secara bertahap setelah lama berhenti.

Berita Terkait
hitlog-analytic