Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Disindir Mantan Menteri ESDM, PLN Langsung Bikin Charging Station Pakai Tiang Listrik

Charging station tiang listrik PLN
Sumber :
PLN

100kpj – Charging station, atau tempat pengisian daya kendaraan listrik di Inggris sempat menjadi sorotan mantan Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Iganasius Jonan, karena terbuat terbuat dari tiang listrik.

Melalui acara Leader Talks Series: Economic Outlook & Everlasting Transformative Leadership tahun lalu, Ignasius Jonan bercerita saat menemukan tiang listrik dijadikan charging station di Londong dia langsung foto pakai kamera handphone.

Ignasius Jonan beli Esemka Bima

Kemudian foto tersebut dijadikan bahan persentase di hadapan stake holder terkait. Menurutnya tiang listrik untuk penerangan jalan di negara tersebut ada sejak 1950-an, dan dimodifikasi menjadi quick charger.

“SPKLU-nya kita rebut sana sini, coba contoh Inggris itu dia Cuma parkirnya yang bayar tapi chargernya gratis. Coba PLN kalau mau transformasi juga be efficient,” katanya pada saat itu.

Namun ternyata sindiran tersebut didengar oleh PLN, mengawali Januari 2024 perusahaan listrik milik negara itu mencoba memodifikasi tiang listrik menjadi tempat pengisian baterai kendaraan listrik yang diberi nama PLN Eye.

PLN Eye yang memanfaatkan tiang listrik di kawasan Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan itu memiliki daya 7 kW, dan 22 kW yang setara dengan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) PLN jenis AC medium.

Berita Terkait
hitlog-analytic