Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Meniru Inggris, Tahun Ini PLN Siapkan 2.000 Charging Station dari Tiang Listrik

Akhirnya tiang listrik jadi carging station PLN
Sumber :

100kpj – PT PLN (Persero) sudah melakukan uji coba charging station dari tiang listrik, tujuannya selain menekan biaya pembuatan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik), tentu untuk mempercepat infrastruktur.

Dengan begitu pengguna kendaraan listrik dipermudah saat melakukan aktivitas sehari-hari, karena mudahnya menemukan tempat pengisian.

Baca juga: Charging Station dari Tiang Listrik Buatan PLN Cuma Punya Daya Sebesar Ini

Mengingat daya listrik yang disematkan hanya 7 kW sampai 22 kW, atau model AC (Alternatif Current), sepertinya bukan hanya mobil listrik yang bisa memanfaatkan charging station dari tiang listrik tersebut, begitupun dengan motor listrik.

Uji coba yang dilakukan perusahaan energi milik negara itu sudah berhasil di beberapa tempat, sejak Januari 2024 yang tersebar di tiang listrik wilayah Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan, di mana poyek itu diberi nama PLN Eye.

“Untuk ujinya, sudah kita lakukan semuanya. Sudah aman pengujiannya itu mulai dari uji sentuh sampai terkait ketenagalistrikan. Sudah aman, kita baru uji coba di tiga lokasi,” ujar Direktur Retail dan Niaa PLN, Edi Srimulyanti kepada wartawan, dikutip, Selasa 23 April 2024.

Setelah sukses melakukan pengujian pada kendaraan listrik, tahun ini perusahaan pelat merah tersebut akan mendirikan ribuang charging station dari tiang listrik yang sudah ada di sejumlah daerah Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic