Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ribuan Mobil Listrik Mudik, PLN 'Nyaur' Pengisian Daya di SPKLU Melonjak

Ultra fast charging PLN
Sumber :
PLN

100kpj - Mudik lebaran menggunakan mobil pribadi masih menjadi favorit. Bahkan, bukan hanya kendaraan bermesin bahan bakar yang seliweran untuk pulang ke kampung halaman, namun banyak juga yang menggunakan mobil listrik.

Menurut data Kementerian Perhubungan, sampai 7 April ada 2.500 mobil listrik turut meramaikan mudik lebaran tahun ini, dan jumlahnya terus bertambah. Sebelumnya Kemenhub memprediksi sebanyak 4.000 kendaraan listrik digunakan selama mudik.

Pengisian mobil listrik Neta V

Mengingat populasi kendaraan pelahap seterum semakin banyak, tidak heran jika PT PLN (Persero) itu memperluas SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di sejumlah titik, guna menjangkau pengguna mobil ramah lingkungan saat mudik lebaran.

Saat ini ada 1.299 SPKLU milik PLN yang tersebar di 879 titik di seluruh Indonesia, dan beroperasi 24 jam. Ribuan tempat pengisian daya listrik itu berada di berbagai tempat umum, seperti halnya rest area, pusat perbelanjaan, kantor PLN, dan lain-lain.

SPKLU yang tersedia itu menawarkan dua jenis pengisian, yaitu listrik tidak searah alias AC, dan listrik searah atau DC dengan daya yang lebih besar sehingga bisa melakukan pengisian lebih cepat.

Adapun dari semua charging station tersebut, ada salah satu lokasi yang paling laris selama musik mudik lebaran. Seperti yang disampaikan Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi.

Berita Terkait
hitlog-analytic