Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Terungkap Masalah Toyota Avanza Buatan Indonesia Terlibat Skandal Global

All New Avanza dan All New Veloz
Sumber :

100kpj – All New Toyota Avanza dan Veloz buatan Indonesia ikut terseret dalam skandal global, namun bukan karena manipulasi saat proses uji tabrak, melainkan isu lingkungan atau lebih tepatnya emisi karbon yang dihasilkan.

Artinya Toyota Avanza dan Veloz buatan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tidak ada masalah dalam control unit air bag, hingga bodi bagian pintu saat terjadi tabrakan samping, seperti model lainnya.

Baca juga: Mobilnya Tersandung Skandal, Toyota Indonesia Minta Maaf dan Setop Produksi Sementara

Oleh sebab itu dalam keterangan Toyota Global status Avanza-Veloz produksinya masih berjalan, dan dalam pengembangan, berbeda dengan beberapa model yang produksinya harus dihentikan karena isu keselamatan.

“Harus dibedakan isu kualitas sama isu homologasi, kalau quality barangnya diproduksi kemudian ditemukan problem jadi harus di recall dan sebagainya,” ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN, Bob Azam kepada 100kpj, Jumat 22 Desember 2023.

Sedangkan masalah Avanza, dan Veloz generasi terbaru itu adalah manipulasi uji emisi, hasilnya tidak sesuai dengan standirasi negara-negara tujuan ekspor, atau Jepang sebagai principal yang mengeluarkan hasil tersebut.

Khusus pasar Indonesia sertifikasi itu dilakukan sendiri sesuai standar yang ada, namun menurutnya negara-negara tujuan ekspor menggunakan sertifikasi dari Jepang terkait emisi karbon Avanza-Veloz, atau mengujinya di negara itu sendiri.

Berita Terkait
hitlog-analytic