Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobilnya Tersandung Skandal, Toyota Indonesia Minta Maaf dan Setop Produksi Sementara

Uji tabrak All New Avanza-Veloz
Sumber :

100kpj – Skandal keselamatan Toyota dan Daihatsu secara global, terdampak pada mobil-mobil mereka yang diproduksi di Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Tercatat ada 7 model mobil Toyota dan Daihatsu yang diproduksi secara lokal untuk kebutuhan ekspor, atau pasar domestik, yaitu All New Avanza, All New Veloz, All New Yaris Cross, Agya, Rush, Raize, dan All New Xenia.

All New Avanza dan All New Veloz

Semua mobil tersebut terpaksa harus setop produksi sementara, terutama untuk ekspor karena setiap negara punya kebijakan berbeda-beda. Seperti halnya di Indonesia yang masih dibolehkan diproduksi, dan dijual. 

“Toyota Indonesia telah melakukan penangguhan sementara pengiriman beberapa model Toyota di Indonesia khususnya untuk prpduk-produk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu,” tulis keterangan resmi PT TMMIN, dikutip, Jumat 22 Desember 2023.

Penangguhan ini merupakan tindak lanjut penemuan beberapa prosedur yang janggal, atau tidak sesuai standar Daihatsu Motor Co.Ltd yang diumumkan pada 28 April 2023. Kecurangan itu terungkap melalui komite independent yang dibentuk untuk pemeriksaan berbaai prosedur uji keselamatan.

Meski begitu proses investigasi terus berjalan, hingga yang tebaru setelah 8 bulan di tahun ini ditemukan kejanggalan baru pada 174 item dalam 25 kategori uji tabrak, termasuk mengakali uji tabrak dari bagian samping, dan mengganti lapisan pintu.

Berita Terkait
hitlog-analytic