Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Populasi Toyota Avanza yang Terlibat Skandal Uji Keselamatan, Kok Masih Dijual

All New Avanza
Sumber :

100kpj – Toyota dan Daihatsu terbukti berbuat curang dalam proses uji keselamatan mobil buatannya secara global. Ada sejumlah mobil yang terlibat dalam skandal tersebut, termasuk beberapa model di pasar Indonesia.

Salah satunya All New Avanza, dan All New Veloz yang diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Mobil terlaris di kelas Low MPV tersebut resmi meluncur di Indonesia pada November 2021.

All New Veloz

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan All New Avanza dari pabrik ke diler sepanjang Januari-November 2023 mencapai 53.700 unit, dan All New Veloz sebanyak 18.963 unit.

Sedangkan jika melihat data tahun lalu, sepanjang Januari-Desember 2022 penjualan Avanza terbaru dari pabrik ke diler mencapai 54.752 unit, dan Veloz 32.017 unit. 

Di awal kemunculannya, November-Desember 2021 angka wholesales Avanza generasi terbaru itu 18.131 unit, pencapaian yang sangat baik untuk produk baru, sementara All New Veloz belum ada datanya saat itu.

Artinya secara total populasi Avanza-Veloz terbaru di Indonesia yang terdampak skandal uji keselamatan mencapai 177.563 ribu unit selama periode kurang lebih dua tahun setengah sejak resmi diluncurkan.

Berita Terkait
hitlog-analytic