Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jalan Tol Cisumdawu Menelan Biaya Triliunan Rupiah, Punya Terowongan Kembar

Presiden Jokowi resmikan Tol Cisumdawu
Sumber :

100kpj – Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, atau Cisumdawu yang berada di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat telah resmi dibuka oleh Presiden Jokowi, Selasa 11 Juli 2023.

Jalan Tol Cisumdawu berfungsi untuk menghubungkan Kota Bandung dari Jalan Tol Cipularang ke Jalan Tol Cipali tersebut dapat mempermudah konektivitas menuju Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Jalan Tol Cisumdawu

“Panjang Jalan Tol Cisumdawu 61,6 kilometer, dan dibangun dengan anggaran Rp18,3 triliun. Jalan Tol Cisumdawu memiliki terowongan kembar (twin tunnel) yang panjangnya 472 meter,” tulis status Jokowi, dikutip, Rabu 12 Juli 2023.

Mantan Gubernur DKI itu menjelaskan, bahwa keberadaan Jalan Tol Cisumdawu akan mempercepat operasional Bandara Kertajati secara penuh, yang saat ini melayani sejumlah penerbangan domestik, dan internasional.

Pembangunan jalan bebas hambatan tersebut memakan waktu yang cukup lama, dimulai sejak 2011, artinya membutuhkan 12 tahun. Salah satu kendalanya adalah proses pembebasan lahan didaerah sekitar.

Presiden Jokowi sempat berharap tol itu rampung bersamaan dengan Bandara Kertajati, namun karena ada beberapa faktor sehingga saat lapangan terbang itu jadi, namun jalan bebas hambatannya belum jadi.

Berita Terkait
hitlog-analytic