Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kemampuan Bus Listrik Tanpa Sopir yang Beroperasi di Tangerang

Mobil listrik otonom
Sumber :

100kpj – Mini bus listrik otonom sedang dilakukan uji coba oleh Sinar Mas Land di kawasan BSD, Tangerang sejak Mei 2022, sampai Januari 2023. Shuttle yang bisa berjalan tanpa sopir tersebut bisa dimanfaatkan warga tanpa biaya.

Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini menjawab solusi rendah emisi, dan mendorong kehidupan yang berkelanjutan.

Baca juga: Jangan Kaget di Tangerang ada Bus Listrik yang Bisa Jalan Tanpa Sopir

Mini bus listrik otonom

Melansir situs resmi Navya, mini bus listrik itu memiliki panjang 4,75 meter, lebar 2,11 meter, dan tinggi 2,65 meter. Dimensinya sangat kompak untuk kategori bus, bahkan di atas kertas ukurannya tidak berbeda jauh dengan MPV.

Mini bus listrik itu memiliki berat 3.450 kilogram, alias tiga ton lebih. Tidak heran karena banyak perangkat elektronik, termasuk baterai di dalamnya maka cukup berat, tidak sebanding dengan ukurannya.

Jantung pacunya dipersenjatai baterai lithium Iron Phosphate berdaya 33 kilo watt hour (kWh)  yang diklaim masa pakainya bisa 9 jam. Tentu bisa berubah, tergantung pemakaian, dan sejalan dengan umur komponen tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic