Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

BRIN Siap Operasikan Kendaraan Listrik yang Bisa Jalan Sendiri, Cuma Muat 1 Orang

Mini bus listrik otonom di BSD
Sumber :

100kpj – Pesatnya perkembangan teknologi memudahkan masyarakat dalam menjalani aktivitas, salah satu yang diterapkan di industri otomotif, atau alat trnsportasi saat ini adalah teknologi autonomous atau otonom.

Salah satu transportasi yang tidak pakai tenaga manusia untuk pengoperasiannya adalah kereta LRT (Lintas Rel Terpadu), tidak lagi menggunakan masinis, kereta otomatis berjalan, dan berhenti di lokasi tujuan.

Sedangkan kendaraan komersial, seperti halnya bus salah satunya sempat dioperasikan PT Sinar Mas Land sebagai salah satu pengembang di daerah Tangerang, mini bus listrik otonom itu diberi nama Navya Autonom.

Tidak berhenti sampai di situ, salah satu lembaga pemerintah, yaitu Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) diam-diam sedang mempersiapkan alat transportasi otonom yang rencananya dirilis akhir tahun ini.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, fokus kendaraan otonom yang dikembangkan untuk personal, atau untuk satu orang karena akan digunakan di area tertutup. Berbeda dengan bus atau transportasi massal lainnya.

Sebelumnya BRIN mengumumkan riset kendaraan auto pilot bertenaga listrik bernama MEVI, atau Micro Electric Vehicle pada 2022, denan tema Single Passenger Prototype Completion Plan.

Kini riset kendaraan listrik satu penumpang tersebut sudah mulai menemui titik terang, karena memasuki tahap uji coba atau mematenkan lisensinya, sekaligus menunggu perusahaan eksternal untuk pengoperasiannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic