Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

VinFast Siapkan Bus Listrik Canggih di Ibu Kota Nusantara IKN

Bus listrik VinFast buat IKN
Sumber :

100kpj – VinFast bukan hanya menciptakan mobil listrik penumpang, namun merek asal Vietnam tersebut juga membuat bus listrik, dan e-scooter. Menariknya bus listrik itu akan digunakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“VinFast juga berminat untuk membuat bus listrik, bahkan mereka juga ingin berinvestasi di IKN,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resminya, dikutip, Sabtu 13 Januari 2024.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita

Melansir website resmi Vinbus, bus listrik yan diproduksi di Haiphong tersebut memiliki baterai berkapasitas berkapasitas 281 kWh (kilowatt hour), yang diklaim bisa menempuh jarak 260 km (kilometer).

Soal waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai hanya 2 jam jika menggunakan arus searah, alias DC fast charging. Dilengkapi perangkat lunak yang mengatur jadwal baterai harus diisi saat diperjalanan. 

Untuk memudahkan pengisian daya listrik bus tersebut, VinFast menggandeng perusahaan lain bernama Star Change untuk pembangunan stasiun pengisian daya listrik bus terbesar di kawasan ASEAN.

Sementara untuk memudahkan penggunanya saat menunggu bus listrik tersebut, terdapat teknologi cerdas yang disebut Advance Tech, sehingga akan lebih fleksibel dan mudah saat ingin menumpangi bus tanpa emisi tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic