Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Transjakarta Bakal Kedatangan Bus Listrik dari China

Bus listrik Higer
Sumber :

100kpj – Transjakarta mulai merencanakan pergantian armada bus mereka dengan yang menggunakan sistem penggerak listrik. Setidaknya pada 2021 direncanakan bakal ada 100 unit bus yang memakai energi ramah lingkungan.

Rencana ini juga sebagai bentuk melaksanakan Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. TransJakarta mulai mencari calon bus listrik yang bakal mereka gunakan nantinya.

Baca Juga: Bikin Kaget, Gisel Jual Barang dari Gading Marten Gegara Ukuran Kecil

“Dari 1.800 unit bus yang ada saat ini, setidaknya tahun 2021 ada 100 unit yang sudah memakai energi ramah lingkungan,” ujar Kepala Divisi Teknik dan Bus Listrik PT Transportasi Jakarta sebagai operator TransJakarta, Ery Priwan, dikutip dari VIVA Otomotif, Rabu 30 Desember 2020.

Higer menjadi salah satu produsen bus listrik yang bakal menawarkan produknya. Perusahaan asal China itu sama seperti pabrikan lain yang ingin turut serta dalam program ini seperti BYD, ZTE dan Skywell.

Selain itu, ada juga perusahaan lokal, salah satunya PT Industri Kereta Api atau Inka. Higer hadir dengan bus yang menggunakan dek rendah, sehingga proses naik turun penumpang jadi lebih mudah.

Untuk sistem pengereman dan suspensi, Higer menggunakan merek Wabco yang berasal dari Swiss. Sementara itu, power steering memakai buatan Bosch yang juga berasal dari Jerman, sama seperti ZF.

Berita Terkait
hitlog-analytic