Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Benar Gak Sih Minum Air Kemasan yang Tertinggal di Mobil Berbahaya?

Air di Dalam Mobil
Sumber :

100kpj – Saat menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil, pengemudi dan penumpang di dalamnya pasti merasakan haus atau dahaga. Itulah mengapa, sebelum berangkat, mereka membawa air mineral dalam kemasan botol, supaya tak perlu repot-repot keluar kendaraan untuk mendatangi warung pinggir jalan.

Biasanya, ketika sudah sampai lokasi tujuan, botol-botol yang belum sepenuhnya habis dibiarkan tergeletak di dalam mobil. Nah, pemiliknya baru akan menghabiskannya saat kembali ke dalam kendaraan. Lantas, benarkah hal tersebut berbahaya, mengingat ketika mesin di matikan, air di dalam kemasan botol terpapar panasnya ruang kabin?

Botol di kabin mobil

Rupanya, pendapat yang menyebut ‘air kemasan yang tersimpan di mobil tak boleh lagi diminum’ merupakan hal keliru. Sebab, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui laman resminya mengatakan, dalam kondisi tersebut air masih boleh ditenggak sang pemilik, dan tidak akan menyebabkan keracunan.

Menurut mereka, setiap jenis kemasan pangan baik berupa plastik, kertas, atau kemasan lainnya bisa melepaskan komponen penyusun dalam makanan atau minuman yang dikemas. Perpindahan komponen itu bisa meningkat karena dipengaruhi suhu tinggi dan kontak secara langsung.

info mobil

Namun, produsen minuman kemasan juga telah melakukan prosedur pengemasan sesuai persyaratan dan dipastikan keamanannya. Bahkan, dalam prosesnya, mereka juga melibatkan pihak BPOM.

Berita Terkait
hitlog-analytic