Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Agar Mesin Mobil Gak Mati di Tengah Banjir, Wajib Jaga RPM

Mobil melintasi banjir

100kpj – Musim hujan sudah memasuki puncak tertingginya di awal 2020. Beberapa wilayah di DKI Jakarta mulai dipenuhi genangan air sejak kemarin. Bukan hanya pemukiman warga, banjir juga menghantui beberapa ruas jalan di Ibu Kota.

Level genangan air di beberapa ruas jalan beragam, namun hal tersebut tidak dihiraukan oleh pengguna kendaraan. Sebab menerobos banjir demi sampai ditujuan sepertinya sudah biasa dilakukan pengguna mobil atau motor di DKI.

Padahal ada resiko yang tidak terduga jika melewati banjir tanpa mengetahui cara yang benar. Lantas seperti apa trik mengendarai mobil di tengah genangan air? 

Service Advisor Honda Pondok Indah, Ali mengatakan, kalau mobil sudah memaksakan melewati banjir, yang pertama harus diperhatikan adalah jaga putaran mesin atau RPM. Tujuannya agar mobil tidak mati tiba-tiba di tengah genangan air. 

Mobil terendam banjir

“Mobil manual baiknya menggunakan gigi satu dengan RPM konstan. Begitu juga dengan mobil matik yang harus menjaga putaran mesin, namun RPM jangan tinggi agar laju mobil tidak kencang,” ujarnya kepada 100KPJ, Kamis 2 Januari 2020.

Lebih lanjut Ali menjelaskan, jika mobil berjalan kencang saat melewati banjir otomatis, ombak di depan bisa menutupi kap mesin atau bahkan kaca. Sebab permukaan air yang rendah bisa naik ketika diterjang objek yang bergerak dengan cepat.

Berita Terkait
hitlog-analytic