Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Mengatasi Aquaplaning pada Mobil saat Hujan dan Ban Selip

Ban Mobil saat Hujan
Sumber :

100kpj – Pada musim hujan seperti saat ini, kewaspadaan dan hati-hati dalam berkendara sangat diperlukan. Salah satunya adalah tips teknik berkendara dalam mengantisipasi berbagai kondisi, khususnya saat musim penghujan dan menghadapi kondisi Aquaplaning.

Di mana, ban kehilangan traksi saat melewati genangan air dalam kecepatan tinggi dan memberikan efek mobil serasa melayang di atas air bagi pengendaranya. Aquaplaning adalah satu penyebab kecelakaan saat hujan, karena pengemudi salah mengatisipasi kondisi ini.

Baca Juga: 7 Kesalahan Fatal Pengguna Mobil Saat Musim Hujan, Awas Kecelakaan?

Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia), Sony Susmana, memberikn tips atasi aquaplaning. Salah satunya adalah mengurangi kecepatan kendaraan, serta pindah ke jalur lambat.

“Ketika berkendara saat turun hujan, yang harus dilakukan adalah mengurangi kecepatan, pindah ke lajur lambat, dan amati kondisi sekitar. Kalau pandangannya kurang, bantu dengan menyalakan lampu utama," ujarnya dalam rilis ke 100KPJ, Selasa 1 Desember 2020.

Ayla trobos banjir

"Jangan menyalakan lampu Hazard saat hujan, karena akan membuat pengemudi belakang menjadi bingung. Saat melewati genangan air, antisipasinya adalah mengangkat kaki dari pedal gas, tahan kemudi ke arah depan dan jangan melakukan pengereman agar laju mobil tetap lurus dan tidak mengalami selip,” lanjutnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic