Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Catatan Untuk Pengendara Mobil Menghindari Lubang di Jalan

Ilustrasi mengendarai mobil Toyota
Sumber :

100kpj - Tidak semua jalanan di Indonesia memiliki aspal dengan permukaan rata, ada saja gelombang, hingga lubang di beberapa ruas dalam kota, dan tol. Terutama setelah musim hujan, memungkinan beberapa jalanan menjadi rusak.

Bagi pengendara mobil ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk menghindari jalanan berlubang, atau rusak. Terutama saat kondisi hujan dengan visibilitas terbatas, ada saja yang tiidak sengaja melewati lubang.

Jasa Marga melakukan perbaikan jalan tol yang berlubang

Jika sudah begitu, otomatis sektor kaki-kaki bisa rusak terutama ketika kecepatan tinggi, dan terlalu sering menghantak lubang.

"Salah satu tantangan mengemudi saat musim hujan adalah melalui jalan yang rusak dan berlubang," ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara dikutup dari keterangan resminya, Rabu 8 Maret 2023.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menjaga visibilitas jauh ke depan, dan memahami apa yang terlihat. Saat pandangan fokus ke depan, lubang atau jalan rusak pasti akan terlihat, tidak boleh teralihkan oleh kegiatan lain.

Sebaiknya terapkan safety driving di mana kecepatan kendaraan disesuaikan, selain aturan hukum, tapi juga menyesuaikan dengan kondisi cuaca dan jalan. Kecepatan yang ideal bisa membuat kendaraan lebih mudah dikendalikan, dan lebih aman ketika menghindari lubang.

Berita Terkait
hitlog-analytic