Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Lakukan Hal ini saat Mudik Libur Nataru Lewat Tol, Biar Gak Kena Tarif Mahal

Jalan Tol Bocimi Seksi II
Sumber :

100kpj –  Jalan tol masih menjadi pilihan bagi para pemudik agar cepat sampai ke tempat tujuan, seperti saat libur Natal 2023 dan Tahun baru 2024. Namun, ingat jangan sampai lakukan kesalahan yang membuat Anda kena tarif mahal.

Masih banyak pengendara mobil yang tidak mengetahui aturan soal denda di jalan tol. Masih ingat dengan kasus seorang pengendara yang harus membayar tol sebesar Rp724 ribu?

Seperti dilansir situs resmi Jasa Marga, ada beberapa larangan bagi pengendara mobil yang harus dihindari dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Jika dilakukan, pengguna tol wajib membayar denda sebesar dua kali tarif tol jarak terjauh pada suatu ruas jalan tol dengan sistem tertutup, apabila:

1. Tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk jalan tol pada saat membayar tol, diantaranya karena e-Toll hilang ataupun karena tidak menggunakan e-Toll yang sama saat transaksi masuk dan keluar;

2. Menunjukkan bukti tanda masuk yang rusak pada saat membayar tol;

3. Tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk yang benar atau yang sesuai dengan arah perjalanan pada saat membayar tol yang di antaranya dengan melakukan putar arah di median jalan tol dan/atau sebelum gerbang tol transaksi pembayaran.

Kondisi jalan tol di malam hari
Berita Terkait
hitlog-analytic