Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Emosi Sering Pencet Klakson Mobil, Awas Airbag Bisa Keluar Sendiri

Klakson mobil
Sumber :

100kpj – Setiap komponen yang ada di dalam mobil memiliki fungsi, dan tugasnya masing-masing. Dari sisi keamanan, klakson bertugas memberikan informasi kepada pngguna jalan lainnya.

Hanya dengan suara dari klakson, Anda dapat melakukan komunikasi dengan pengguna jalan lainnya. Namun penggunaannya pun tidak boleh berlebihan. Karena salah-salah bisa menimbulkan keributan di jalan raya.

Baca juga: BMW M440i Hadir di RI Minggu Depan, Harganya Bikin Orang Kaya Panas!

Ilustrasi Klakson

Direktur Training Safety Defensive Cosultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, cara yang benar mengklakson agar tak mengganggu orang lain adalah membunyikan dengan sewajarnya. Cukup menekan satu atau dua kali.

"Berakibat negatif jika klakson berlebihan, karena dapat menyinggung orang lain. Intinya kalau tidak perlu enggak usah dan teknik menekannya cukup pakai jempol, tidak boleh ditekan terlalu dalam atau dikarate," ujarnya dikutip 100kpj, Jumat 11 Juni 2021.

Menurutnya, tidak ada aturan tertulis menggunakan klakson berlebihan sebagai suatu pelanggaran di dalam undang-undanng. Meski begitu, pengguna mobil tetap diwajibkan bijak, dan mengerti tata krama saat berkendara.

Berita Terkait
hitlog-analytic