Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yamaha Mio Ini Bikin Ngakak, Punya Spion dan Klakson di Luar Nalar

Bikin ngakak spion Yamaha Mio 125
Sumber :

100kpj – Setiap kendaraan bermotor pasti memiliki spion untuk mengatasi titik buta pengemudi saat berkendara di jalan. Begitu pun sepeda motor, kaca cermin tersebut membantu untuk melihat kondisi sekitar.

Banyak titik yang tidak bisa dijangkau mata secara langsung, oleh sebab itu spion diciptakan agar pengguna motor tetap aman ketika berkendara. Meskipun ada yang melepasnya, atau modifikasi dengan aftermarket.

Terutama spion standar pabrikan yang memiliki dimensi lebih lebar dari ukuran setang, sehingga dianggap mengganggu saat memasuki jalan sempit, atau ingin mendahului kendaraan lain.

Founder Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Pulubuhu mengatakan, alasannya sebenarnya sangat sederhana. Secara logika spion yang ukurannya lebih kecil dari setang, akan terutup badan penggunanya.

"Blind spot yaitu bidang pandang yang terhalang akan lebih besar (spion kecil) kalau perlu spion itu gede logikanya gitu. Tapi kan kalau spion gede ruang gerak kita terbatas," ujar Jusri beberapa waktu lalu.

Spion aftermarket dengan ukuran lebih kecil dipilih agar pengguna lebih fleksibel saat di jalan raya. Lain halnya bagi pengguna motor matik satu ini, memilih spion dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Melalui unggahan video singkat akun Instagram @gabut.cuak, dikutip Sabtu 22 Juli 2023, terlihat ada pemandangan yang tidak biasa dari deretan motor yang sedang parkir. Terutama pada Yamaha Mio M3 125 berwarna biru.

Berita Terkait
hitlog-analytic