Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Roborace, Ajang Balap Tamiya di Dunia Nyata

Balapan Roborace.
Sumber :

100kpj – Balapan adalah gabungan dari kecanggihan teknologi dan kemampuan super dari pengemudi. Dua hal itu dikombinasikan menjadi sebuah ajang yang sangat menarik untuk ditonton.

Untuk menjadi seorang pembalap tidak mudah, semua orang bisa menyetir tapi hanya segelintir yang punya kemampuan lebih mengendalikan kendaraan saat melaju dengan kecepatan lebih dari 250 kilometer per jam.

Insting juga memegang peranan penting, peserta yang punya jam terbang tinggi akan bisa mengetahui adanya bahaya serta mengambil keputusan dalam waktu kurang dari satu detik.

Namun, gelaran ini bukan hanya milik manusia saja. Sejak 2019 lalu, ada satu perlombaan balap yang para pesertanya adalah robot, seperti dikutip dari Autoevolution, Jumat 15 Oktober 2021.

Pada acara yang diberi nama Roborace ini, setiap tim memiliki satu mobil namun tidak ada kursinya. Setir, pedal gas dan transmisi dikendalikan oleh rangkaian elektronik yang berfungsi layaknya robot.

Mobil yang digunakan untuk balapan berukuran sama seperti kendaraan lain yang melaju kencang di sirkuit, membuat lomba ini seolah balapan Tamiya namun dengan skala yang sebenarnya.

Masing-masing tim memiliki insinyur dan beberapa orang yang jago dalam hal pembuatan program, di mana tugas mereka adalah memastikan robot bisa mengambil keputusan layaknya manusia saat mobil melesat hingga 283 km per jam.

Berita Terkait
hitlog-analytic