Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pentingkah Perubahan Regulasi Balap di Tanah Air? Ini Kata IMI

Pembalap Kawahara Racing Team, Arya Aditya (12)
Sumber :

100kpj – Industri balap di Indonesia memang terus mengalami kemajuan dengan hadirnya even tingkat nasional. Yang paling gres hadirnya Kejurnas Indonesia Motorprix Championship (Oneprix).

Ajang tersebut dihelat oleh PT Oneprix Motorsport Manajemen bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI). IMI selaku penanggung jawab besar sebagai regulator dunia balap tanah air, terus melakukan perubahan.

"Harus disesuaikan dengan perkembangan. Contohnya, di balapan motor dulu kan regulasi dibuat untuk kelas 110cc. Sekarang jarang motor 110cc. Muncul kelas 125cc bahkan kebanyakan 150cc," kata Ketua Umum IMI, Sadikin Aksa, saat ditanya pentingnya perubahan regulasi balap tiap tahunnya.

"Tentu dengan motor semakin kencang dari tahun ke tahun harus dibarengi dengan regulasi yang sesuai untuk keamanannya. Contohnya di Oneprix, karena ada kelas 150cc maka kami minta sirkuit juga harus diubah untuk keamanannya. Kita harus antisipasi berbagai kemungkinan," lanjutnya.

Sadikin menegaskan IMI tak main-main dengan regulasi tersebut. Sanksi akan diberikan ke pihak-pihak yang melakukan pelanggaran atas aturan tersebut.

"Oh pasti dan banyak. Bahkan tak hanya promotor, personel atau pembalap juga kami beri sanksi jika memang terbukti menyalahi aturan. Banyak kok kasusnya," ujarnya.

Simak Video Lengkap Wawancara dengan Ketum IMI, Klik di sini.

Berita Terkait
hitlog-analytic