Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Genangan Air Setelah Hujan, Ini Cara Pemotor Agar Tidak Kecemplung

Mobil terobos banjir.
Sumber :
Ist

100kpj – Hujan lebat akhir-akhir ini sudah mulai sering terjadi mengguyur beberapa wilayah Jabodetabek sejak sore. Karena intentistasnya tinggi membuat Badan Nasonal Penanggulangan Bencana (BNPB) telah merilis peringatan dini banjir di bantaran Kali Ciliwung, Khusus area Jakarta.

Karena proses drainase yang tidak baik, sehingga banyak ditemukan genangan air ketika sedang hujan maupun saat hujan sudah reda. Nah hal tersebut membuat ada catatan khusus yang dilakukan oleh pemotor, ketika sedang mengendarai sepeda motor yang dihadapkan dengan kondisi jalan tergenang air.

Jusri Pulubuhu, instruktur sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting memberikan pendapatnya, terkait hal yang harus dilakukan oleh seorang pengendara sepeda motor yang dihadapkan dengan genangan air alias banjir yang terdapat di jalan.

"Kalau melihat dari sisi safety, begitu melihat banjir supaya aman ya jangan nekat melibas banjir. Karena hal itu merupakan tindakan bijak untuk mencegah hal-hal yang tidak inginkan, makanya biasanya pihak-pihak yang berkaitan dengan safety riding maupun driving, selalu mensosialisasi agar tidak melewati banjir, karena itu adalah tindakan preventif yang paling efektif dan bijak, apalagi rute tersebut belum pernah dilewati atau tidak mengetahui kondisi jalannya," ungkap Jusri.

Genangan Air

Namun Jusri menjelaskan jika memang terpaksa harus melewati jalanan yang tergenang air karena tidak ada pilihan lain, hal yang harus dilakukan adalah melihat kondisi jalan.

Pastikan ada sepeda motor yang mampu melibas banjir tersebut, hal tersebut untuk mengetahui seberapa dalam genangannya, jika ada motor yang lewat genangan air tersebut dan berhasil menerjangnya dengan selamat, artinya kita juga punya kesempatan yang sama.

Berita Terkait
hitlog-analytic