Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Lakukan Ini Jika Mobil Mogok saat Nekat Terobos Banjir

Tips mobil mogok gegara terabas banjir
Sumber :

100kpj – Sebagian wilayah di Jabdetabek belakangan ini diguyur hujan dengan intensitas berbeda-beda. Air yang turun dari langit tersebut membuat sejumlah jalanan basah, hingga tergenang air, dan banjir.

Seperti halnya di Jakarta, baru-baru ini ada sejumlah jalan yang tidak bisa dilewati kendaraan karena genangan air cukup tinggi. Tentu dengan kondisi tersebut ada banyak resiko jika memaksakan melewati jalan itu.

Ilustrasi kaca mobil di musim hujan

Terutama bagi pengguna mobil, ada beberapa akses air dapat masuk ke dalam mesin yang bisa berakibat fatal jika dipaksakan. Gimana jika sudah terlanjur, dan mobil akhirnya mati di tengah jalan?

“Jangan pernah memaksakan melewati jalan banjir karena berisiko mobil mogok. Cari rute alternative, atau tunggu hingga banjir surut,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah dikutip dari keterangannya, Selasa 18 Oktober 2022.

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan ketika mobil sudah terlanjur melewati banjir, dan mati di tengah jalan, yaitu jangan pernah mencoba menyalakan mesin karena beresiko water hammer. 

Termasuk ketika mobil setelah terendam banjir ketika di parkir, jangan pernah menghidupkan mesin untuk memindahkannya meski terlihat aman dari luar.

Berita Terkait
hitlog-analytic