Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tuas Gas Motor Ada di Kanan, Bagaimana Nasib Orang Bertangan Kidal?

Setang dan rem motor.
Sumber :

100kpj – Saat mengendarai sepeda motor, sebagian kita mungkin bertanya-tanya: mengapa tuas gas selalu terletak di sebelah kanan? Padahal faktanya, tak sedikit kalangan yang bertangan kidal. Sehingga, kontrol tubuhnya lebih dominan di sebelah kiri.

Pada forum diskusi di laman Thumpertalk, ada pengendara motor bertangan kanan yang bertanya, bagaimana rasanya berkendara dengan tangan kidal? Sebab ia membayangkan, seandainya berada di posisi tersebut, pasti butuh waktu lama untuk beradaptasi. Terutama saat menyelaraskan tarikan gas dengan rem maupun kopling.

“Saya berpikir, bagaimana rasanya jika orang bertangan kidal mengendarai motor. Saya bertangan kanan, jadi tidak masalah dengan desain motor yang ada. Tapi kalian bagaimana? Apakah tidak sulit saat menarik tuas gas dan juga mengerem?” tulisnya, dikutip Selasa 30 Juni 2020.

Baca juga: Deretan Motor Matik Murah yang Bisa Ngecas Baterai HP

Pertanyaan tersebut direspon banyak pengendara motor bertangan kidal. Menurut mereka, hal itu sama sekali tak menjadi soal. Sebab, sejak dulu desainnya memang seperti itu. Maka saat mengendarainya, mereka langsung beradaptasi secara naluriah.

“Bahkan ketika desain motor umum tidak seperti sekarang, kita yang berbeda pun bakal tetap beradaptasi. Entah tanganmu kiri atau kanan, kamu bisa mempelajarinya,” tulis akun bernama Liquis.

Cara Mengerem
Berita Terkait
hitlog-analytic