Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

KPBB: Pertalite Produk Sia-sia, Harusnya Tidak Diproduksi

Ilustrasi SPBU
Sumber :

100kpj – Menuju era ramah lingkungan sejumlah cara dilakukan pemerintah. Salah satunya mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari bahan bakar timbal. Maka PT Pertamina dalam waktu dekat berencana menghapus bahan bakar tersebut.

Beberapa nama yang kemungkinan dihilangkan dari SPBU adalah Premium, Pertalite, dan Solar. Hal tersebut juga berhubungan dengan batasan oktan pada kendaraan terbaru yang beredar di pasaran, di mana rata-rata minimal RON 92 atau Pertamax.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, keputusan tersebut mengacu pada aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK Nomor 20 tahun 2017 mengenai pembatasan Research Octane Number (RON), yaitu batas oktan yang aman dipakai kendaraan.

SPBU Pertamina

"Jadi ada regulasi KLHK yang menetapkan bahwa untuk menjaga polusi udara ada batasan di RON berapa, di kadar emisi berapa. Jadi nanti yang kita prioritaskan produk yang ramah lingkungan," ujarnya melalui diskusi virtual bertajuk ‘Memacu Kerja Pertamina’.

Menanggapi hal tersebut Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin (KPBB) Ahmad Safrudin mengatakan, kebijakan atau wacana menghapus premium dan pertalite seharusnya dilakukan sejak lama karena produk tersebut sudah tidak sesuai.

Mengingat kendaraan baru yang beredar di pasaran saat ini sudah menganut RON minimal 92, artinya setara Pertamax. Oleh sebab itu, menurutnya Pertalite (RON 90) yang merupakan perkembangan dari Premium (RON 88) seharusnya tidak diproduksi.

Berita Terkait
hitlog-analytic