Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Aturan Pemerintah Bikin Galau, Ojol Sepakat Patuhi Perintah Luhut

Ojek Online
Sumber :

100kpj – Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Jakarta sudah memasuki hari ketiga. Namun dalam penerapannya, ada sejumlah aturan yang memicu persoalan lantaran membuat sebagian pihak bingung dan khawatir mengambil sikap. Salah satunya, mengenai boleh tidaknya ojek online mengangkut penumpang di kursi belakang.

Sebelumnya, pemerintah melalui Peraturan Kementerian Kesehatan atau Permenkes Nomor 9/2020 melarang ‘pasukan hijau’ itu menerima layanan angkut penumpang selama PSBB berlangsung hingga 24 April 2020 mendatang. Bahkan, pihak aplikator juga telah menghapus sementara layanan tersebut dari aplikasi.

“Layanan ekspedisi barang, termasuk sarana angkutan roda dua berbasis aplikasi, dengan batasan hanya untuk mengangkut barang dan tidak untuk penumpang,” bunyi lampiran Permenkes, dikutip Senin 13 April 2020.

Baca juga: Luhut Bolehkan Ojol Bawa Penumpang, PSBB DKI Jadi Tak Berarti Lagi

Kendati larangan tersebut sudah diterapkan pada dua hari pertama periode PSBB di Ibu Kota, namun keterkejutan muncul ketika Pelaksana Tugas atau Plt Menteri Perhubungan Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan menerbitkan aturan ‘berlawanan’ yang justru memperbolehkan ojol mengangkut penumpang selama PSBB berlangsung.

Ojek Online

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Menhub) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic