Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kabar Baru Soal Pabrik Mobil Listrik BYD di Indonesia

Diler BYD Arista di BSD Tangerang

100kpj - Build Your Dream, atau BYD resmi masuk pasar otomotif Tanah Air pada Januari 2024. Langkah awal bisnis jenama asal Tiongkok tersebut menjual mobil listriknya dalam kondisi impor, sebelum bangun pabrik.

Ada 3 mobil listrik yang mereka jual saat ini, yaitu BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal yang dibawa utuh dari China. Karena komitmennya untuk membuat mobil-mobil pelahap seterum itu secara lokal, maka ada keringanan khusus dari pemerintah.

Platform mobil listrik BYD Yangwang

Jenama yang berkantor pusat di Shenzhen, China itu berhak mendapatkan insentif CBU (Completely Built Up) dari pemerintah, berupa bebas bea masuk, dan PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Setelah jatuh tempo mereka wajib menjual Atto 3, Seal, dan Dolphin dalam kondisi produksi lokal dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sesuai ketentuan. Jika gagal diproduksi lokal akan ada denda, atau sanksi sesuai perjanjian di awal.

Sampai saat ini BYD masih belum mengungkap lokasi pabrik mereka yang akan dibangun tahun ini, namun kabar terbarunya ternyata ada pertimbangan khusus untuk menentukan tempat pembuatan mobilnya di RI.

"Terkait lokasi pabrik tergantung dari rantai pasok lokal, bahkan mungkin bisa menggandeng pasokan baru. Memang sudah menjadi karakter kami melakukannya secara bertahap," ujar Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao di China, Kamis 7 Maret 2024.

Berita Terkait
hitlog-analytic