Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kaget, Ini Manfaat Tersembunyi saat Isi Angin Ban Pakai Nitrogen

angin nitrogen
Sumber :

100kpj – Selain menggunakan kompresor dan pompa genjot, pengisian angin ban juga bisa dilakukan menggunakan nitrogen. Gas kimiawi itu dipercaya memiliki ketahanan lebih lama jika dibandingkan angin biasa.

Saat ini, keberadaan gerai pengisian nitrogen sudah tersebar di banyak titik SPBU di kota-kota besar. Biasanya, kios yang identik dengan warna hijau-merah itu terletak di sekitar pintu keluar. Sehingga, untuk memastikan keberadaannya, pemilik kendaraan harus mengitari pom bensin terlebih dahulu.

Baca juga: Mitos Seputar Penggunaan Nitrogen untuk Ban Motor

Meski memiliki banyak keunggulan dibandingkan angin biasa, dan keberadaan gerainya mulai mudah ditemukan, namun tak banyak orang yang mau menggunakannya. Alasannya, biaya pengisian nitrogen terbilang mahal, sehingga mereka memilih menyimpan uangnya, lalu menggunakan angin lain yang lebih murah—atau bahkan gratis.

motor

Padahal, menurut laman Wahana Honda, seperti dikutip Selasa 4 Februari 2020, biaya yang harus dikeluarkan sebenarnya tak seberapa besar, jika dibandingkan dengan manfaatnya. Apalagi, penggunaan nitrogen juga bisa mencegah terjadinya kerusakan komponen di sekitar roda, salah satunya pelek.

Baca juga: Awas, Ini Kerugian Isi Bensin Kendaraan Sampai Luber

Berita Terkait
hitlog-analytic