Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Masih Ingat Yamaha TZM? Motor Sport 150cc Ini Tenaganya Setara R25

Yamaha TZM
Sumber :

100kpj – Sebelum pasar sepeda motor dikuasai skuter matik, masyarakat Indonesia sempat menggandrungi tunggangan jenis sport. Kala itu, sekira pertengahan 90-an, hampir seluruh pria muda bermimpi memilikinya. Sebab, hal itu dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan diri mereka saat bertemu seorang wanita.

Tren yang sedemikian besar membuat pabrikan berlomba-lomba meluncurkan motor di segmen tersebut. Salah satunya Yamaha, yang pernah menggebrak pasar motor sport dengan melahirkan TZM 150 pada periode tersebut.

Yamaha TZM 150

Kuda besi dengan konfigurasi dua-tak itu memiliki tubuh bongsor dengan sayap yang agak melebar. Di masanya, Yamaha TZM 150 bersaing ketat dengan Honda NSR 150 dan juga Suzuki FXR 150. Namun, di antara ketiganya, TZM tampil paling menonjol. Bahkan, kehadirannya bisa ditemukan di banyak film lawas garapan Jepang.

Baca juga: Begini Iklan Yamaha Mio Pertama di RI, Waktu Itu Cuma Rp9 Juta

Selain bodi yang besar, motor berekor kotak itu juga menyimpan tenaga yang terbilang sangar. Konon, performanya bisa melebihi tunggangan lain dengan kapasitas lebih akbar.

Sesuai namanya, Yamaha TZM 150 menganut kapasitas mesin 150cc. Kendati tergolong kecil, namun tenaganya bisa melebihi motor sport modern bermesin 250cc. Bahkan, apabila diadu dengan Yamaha R25, TZM sanggup mengimbanginya. Hal itu disebabkan konfigurasi dua-tak yang dinilai lebih berdaya dari empat-tak.

Berita Terkait
hitlog-analytic