Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Selundupkan Onderdil Harley, Erick Thohir Ancam Copot Direksi Garuda

Pesawat Garuda Indonesia
Sumber :

100kpj – Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, Erick Thohir mengancam akan mencopot jajaran direksi PT Garuda Indonesia, jika mereka terbukti benar menyelundupkan komponen motor Harley Davidson dan dua sepeda Brompton ke dalam pesawat yang baru didatangkan dari Prancis, yakni Airbus A330-900.

"Mengenai Garuda, biarkan saja Bea Cukai melihat. Ada enggak kasus-kasus yang benar-benar seperti yang dilaporkan. Nah, kalau benar, ya harus dicopot," kata Erick saat ditemui di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019.



Bahkan, Erick meminta supaya pihak manajemen mengundurkan diri sebelum hal itu benar-benar terbukti. Tetapi, ia menekankan supaya asas praduga tidak bersalah dikedepankan dalam persoalan tersebut, lantaran pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai masih melakukan investigasi mendalam.

"Yang lebih baik, sebelum ketahuan, lebih baik mengundurkan diri. Kita seperti Samurai Jepang juga, kalau benar. Tapi, kita juga mesti ada praduga tak bersalah, kalau benar, ya kita copot," tegas dia.

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia mengakui barang selundupan berupa komponen Harley Davidson dan dua sepeda Brompton yang belum membayar bea masuk merupakan milik karyawan.

Barang itu ditemukan oleh petugas Bea Cukai dari pesawat baru Garuda Indonesia, Airbus A330-900, setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan mengaku bahwa barang itu merupakan barang yang dimiliki oleh karyawan internal Garuda Indonesia.

"Ya betul (milik karyawan), kami mau bilang. Poinnya kita akan patuh aturan, kepabeanan yang berlaku," kata Ikhsan, saat dihubungi VIVAnews.

Sebelumnya, komponen Motor Harley Davidson bekas dan dua sepeda Brompton yang baru masuk ke Indonesia secara ilegal. Diketahui, komponen-komponen motor mewah dan dua sepeda tersebut masuk ke Indonesia melalui pesawat Airbus A330-900 yang baru saja dipesan oleh Garuda Indonesia dari Prancis pada 17 November 2019 lalu.

Harley Sportster.


Pesawat baru tersebut terbang dari pabrik Airbus di Perancis, dan tiba di Tanah Air pada 17 November 2019. Airbus A330-900 Neo itu pun melakukan pendaratan di i Garuda Maintenance Facilities (GMF), bukan di terminal seperti pesawat pada umumnya.

"Kita memahami modus-modus selundupan itu terjadi dengan berbagai cara, kalau kemarin bicara jastip dia melakukan memisahkan jadi satu komoditas dipecah-pecah kecil-kecil, kemudian dikirim melalui berbagai penumpang," kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta.
Berita Terkait
hitlog-analytic