Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harganya Sableng, Motor Bengis Ini Masuk Daftar Termahal Sejagat

AMB-001, motor pertama Aston Martin.
Sumber :

100kpj – Fakta baru terungkap dari sepeda motor buatan Aston Martin, AMB-001. Motor yang dibuat pabrikan mobil mewah Inggris tersebut dengan menggandeng Brough Superior Motorcycles tersebut punya harga yang fantastis, USD120.000 atau hampir Rp1,8 miliar. Harga itu menempatkan motor bengis ini menjadi salah satu motor termahal sejagat.

AMB-001 (Aston Martin Brough-001) ini diperkenalkan di ajang EICMA 2019 dan langsung menjadi daya tarik di pameran tersebut. Padahal, motor dengan gaya futuristik ini hanya mengantongi izin untuk digunakan di lintasan sirkuit, bukan jalan raya. Dan untuk saat ini, motor ini hanya diproduksi sebanyak 100 unit saja.

Sebagai gambaran, motor ini telah menggunakan bahan fiber karbon pada bodinya sehingga dapat memaksimalkan kemampuannya saat diajak berpacu di lintasan. Cara mengendarainya pun telah diatur dengan gaya balap.

“Kami sangat bangga melihat Aston Martin melebarkan sayapnya dengan membuat sepeda motornya yang pertama kali," kata Aston Martin Executive Vice President, Marek Reichman.

Sebagai tambahan, kata Marek, motor pertama Aston Martin ini semakin terasa spesial karena juga telah menggunakan terobosan hypercar Aston Martin Valkyrie pada bagian moncongnya. Hasilnya tentu sebuah produk motor yang cantik dengan desain dan mesin dari hasil kerja seni.

Secara teknikal bagian depannya, AMB-001 telah menggunakan garpu double-wishbone yang semakin mendukung performanya saat dipacu kencang. Sedangkan untuk mengurangi beratnya, motor ini memadukan fiber karbon dan alumunium untuk body dan framenya. Bobotnya hanya 180kg.

Lalu untuk urusan dapur pacu, AMB-001 ditanami mesin turbo V-twin yang mampu memuntahkan tenaga hingga 180 hp. Sepadankan dengan harganya yang fantastis?

Berita Terkait
hitlog-analytic