Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengapa Garis Penyebrangan Jalan Berwarna Hitam-Putih?

Zebra Cross
Sumber :

100kpj – Garis penyebrangan atau sering disebut Zebra Cross merupakan marka yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang ingin menyebrangi jalan. Biasanya tanda tersebut berbentuk garis membujur dengan kombinasi warna hitam dan putih.

Persilangan dua warna netral itu membuat dunia mengenalnya sebagai Zebra Cross. Menariknya, di awal terciptanya garis penyebrangan tersebut, sebagian negara di Eropa acap menyebutnya sebagai Panda Cross. Sebab, mamalia pemamah bambu itu juga memiliki warna bulu yang serupa Zebra.

Dilansir dari laman Historic England, Selasa 29 Oktober 2019, garis penyebrangan jalan baru tercipta pada 1951 silam. Kala itu, kota pertama yang menggunakannya adalah Slough, Berkshire, Inggris.

Gagasan tersebut muncul dari pemerintah setempat yang melihat angka kecelakaan pejalan kaki terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga dibuatlah penanda yang memaksa kendaraan harus berhenti sejenak atau mengurangi kecepatan saat ingin melintasinya.

Uniknya, sebelum berwarna hitam-putih, garis penyebrangan jalan sempat diberi warna biru dan kuning. Namun dalam beberapa kondisi, perpaduan warna tersebut tidak terlihat jelas, sehingga diganti dengan kombinasi warna yang lebih kontras.

Berita Terkait
hitlog-analytic