Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hentikan Tilang Uji Emisi, Polisi Lebih Pilih Sosialisasi dan Edukasi Pengendara

Dirlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman
Sumber :

100kpj –  Polisi resmi menghentikan tilang uji emisi sejak Kamis 2 November 2023, hal ini dilakukan karena banyak dikomplain masyarakat. Dengan begitu, Polisi mengubahnya menjadi sosialisasi dan imbauan pada para pengendara.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya menggelar kembali tilang uji emisi pada 1 November 2023. Namun, penilangan tersebut hanya dilakukan sehari saja, kemudian dihentikan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, mengatakan masyarakat masih butuh sosialisasi dan pemahaman lebih jauh soal uji emisi. Maka itu, penghentian tilang yang baru digelar sehari bukan masalah.

"Setelah penindakan sehari dengan tilang belum saatnya kita melakukan penilangan. Kita ubah lagi polanya," ujar Latif, dikutip dari Antara, Jumat 3 November 2023.

Baca Juga: Tak Konsisten, Ini Kedua Kalinya Tilang Uji Emisi Kendaraan Dihentikan di Jakarta

Pemeriksaan Uji Emisi Kendaraan

"Ya tentunya bukan masalah, tapi sebetulnya sudah kita evaluasi. Jadi, kami dalam melakukan tindakan Kepolisian tidak serta merat mengedapankan penegakan hukum, tapi kita juga melihat tentang kondisi masyarat dan pemahaman masyarakat pada aturan tersebut," lanjutnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic